BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS »

Rabu, 06 April 2011

MENGATASI JUNK EMAIL/SPAM












Junk e-mail atau spam atau yang sering disebut e-mail sampah (tak berguna) yang membanjiri mail box kita tanpa kita hendaki. Spam dapat berupa e-mail promosi produk tertentu maupun informasi tak berguna yang lain yang tidak kamu kehendaki. E-mai spam itu cukup menjengkelkan karena dapat dengan cepat memenuhi mail box kita. Bayangkan jika tiap hari e-mail spam tersebut dikirim ke alamat e-mailmu, bayangkan pula jika kamu mendapatkan spam dari banyak alamat yang berbeda. Cukup menjengkelkan bukan?

Bagaimana cara mengatasinya? Tiap server e-mail memiliki aturan atau tata cara yang berbeda-beda dalam menangani spam. Berikut ini contoh penanganan spam pada server e-mail yahoo.

LANGKAH 1

Pada saat kamu buka mail box dan kamu yakin bahwa salah satu atau beberapa daftar e-mail yang muncul adalah spam, klik kotak di sebelah kiri pesan tersebut sehingga muncul tanda checklist (Ö).

LANGKAH 2

Setelah daftar e-mail yang kamu yakini sebagai spam telah terseleksi (diberi checklist), klik opsi Spam pada menu di bawah daftar e-mail sehingga e-mail-email tersebut lenyap dari daftar e-mail kamu. Dengan demikian, selanjutnya setiap e-mail yang brasal dari alamat pengirim e-mail yang kamu beri label spam tadi akan langsung dimasukkan ke Bulk Folder (semacam Recycle Bin), tidak muncul di inbox kita. Bulk folder kita juga lam kelamaan akan penuh. Setiap e-mail yang kita hapus hanya dipindahkan ke Bulk folder. Secara berkala, kita perlu mengosongkan Bulk fplder dengan klik opsi Empty di sebelah kanan Bulk folder itu.

LANGKAH 3

Bagaimanapun juga, meskipun spam tidak lagi muncul dalam daftar e-mail kita, spam tersebut pada dasarnya tetap membebani mail box kita dengan memenuhi Bulk folder. Untuk lebih efektifnya, kita bisa atur agar spam diblok. Caranya dengan memberikan pengaturan tambahan pada fasilitas spam dengan cara mengatur setting options (biasanya di sebelah kanan atas daftar e-mail). Klik menu Options dan lakukan pengaturan pada menu spam sehingga alamat-alamat yang kita beri label spam tak pernah lagi mencapai mailbox kita. Dalam menu Options juga mungkin dilakukan blok terhadap alamat tertentu (Block Address).

Catatan: Jika kamu menggunakan server e-mail selain yahoo, pengaturan menu untuk mengatasi junk e-mail/spam mungkin berbeda, tetapi prinsipnya sama. Silahkan kamu optimalkan fasilitas yang ada di server e-mail kamu untuk mengatasi junk e-mail/spam yang membanjiri mail box kamu.

0 komentar: